Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang
umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard
dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau
permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai
gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.Microphone,
untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke
dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal
input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula
digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat
digolongkan menjadi dua yaitu :
Peratalan input langsung, yaitu input yang
dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse,
touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
Peralatan input tidak langsung, input yang
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri
dari beberapa macam peranti yaitu :
A. Keyboard
A. Keyboard
![]() |
Gambar 1.1 Keyboard |
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari
model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada
tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
- QWERTY
- DVORAK
- KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
- Typewriter key
- Numeric key
- function key
- Special function key
- Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input.
Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan
tombol lainnya sebagaimana berikut :
- Back Space : Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
- Caps Lock : Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
- Delete : Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
- Esc : Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
- End : Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
- Enter : Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
- Home : Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
- Insert : Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
- Page Up : Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
- Page Down : Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
- Tab : Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard.
tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock
menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock
mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas,
tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda
tergantung dari program komputer yang digunakan.
Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan
Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol
lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key,
untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
B.
Mouse
![]() |
Gambar 1.2 Mouse |
Mouse adalah salah unit masukan (input device).
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan
GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device
mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran
atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya
hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol
penggulung (scroll),
Dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah
penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada
pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula
istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri
mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan
objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan
klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali
disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
C.
Touchpad
![]() |
Gambar 1.3 Touch pad |
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan
pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit
ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit
masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
D. Light Pen
![]() |
Gambar 1.4 Light Pen |
Light pen adalah pointer elektronik yang
digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light
pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
E.
Joy Stick dan Games Paddle
![]() |
Gambar 1.5 Joy Stick & Games Paddle |
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games)
komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya
berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
F.
Barcode
![]() |
Gambar 1.6 Barcode |
Barcode termasuk dalam unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
G.
Scanner
![]() |
Gambar 1.7 Scanner |
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi
untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam
memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk
ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga
kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan
kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk
gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban
komputer.
Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban
komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban
Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition)
untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.Saat ini telah dikembangkan scanner dengan
teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin
scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti
formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab
menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen
dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
H. Kamera Digital
![]() |
Gambar 1.8 Kamera Digital |
Perkembangan teknologi telah begitu canggih
sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan
Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan
dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari
kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat
ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak
memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera
digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian
dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di
pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk
mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup
atau bergerak seperti halnya video.
I.
Mikrofon dan Headphone
![]() |
Gambar 1.9 Mikrofon & Handphone |
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan
suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada
orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya
memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara
yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
J.
Graphics Pads
![]() |
Gambar 1.10 Graphic Pad |
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat
membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan
Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek
pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama,
menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane
sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang
dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan
bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara
kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian
ditulisi dengan pensil.
0 komentar:
Posting Komentar